S.Kepemudaan Share Articles

Young Entrepreneur Stories OMK ST. YAKOBUS-KELAPA GADING

YES – Young Entrepreneur Stories acara yang diselenggarakan oleh OMK St. Yakobus dan PDOMPKK Yakobus pada tanggal 25 November 2017 di Aula Gereja Santo Yakobus Kelapa Gading, Jakarta. Dimulai pukul 10.00 yang dibuka dengan doa dan fellowship bersama.

Talkshow ini mengundang beberapa pengusaha-pengusaha muda untuk membagikan cerita mereka dari awal mereka meniti bidang mereka hingga saat ini. Talkshow ini dibagi menjadi 3 (tiga) sesi utama. Sesi dibuka dengan talkshow dibidang produk, dilanjutkan dengan talkshow dibidang jasa, dan ditutup dengan pembicara dalam berbagai rekoleksi. Talkshow sesi 1 dibuka oleh Vicky & Kien, Vicky & Kien merupakan full time entrepreneur yang sama-sama membangun bisnis dari tahun 2015. Vicky membuka bisnis homemade cheesecake (@kibocheese), dengan keunggulan produknya Molten Cheese Cake. Kibocheese sendiri sudah membuka toko di beberapa mall besar di Jakarta. Sedangkan, Dennys Kien Yotl alias Kien membuka bisnis quotenation.id, yang menjual topi, baju, jaket dan poster. Dalam tahun ini, Kien mempunyai visi besar yaitu tidak hanya membuat bisnis menghasilkan uang tetapi bisa menjadi berkat kepada bangsa Indonesia, oleh karena itu untuk mewujudkan visi besar Kien, Ia akan membuat donation ke Papua.

Mereka membagikan cerita mereka dengan penuh canda dan tawa. Mereka memberikan masukan kepada para peserta yang hadir bahwa tidak perlu takut untuk memulai sebuah usaha tanpa modal. Modal bukanlah tantangan terbesar kita. Tantangan yang sesungguhnya hanya kita takut untuk melangkah. Dan mengingatkan kita akan pentingnya peka terhadap lingkungan sekitar kita. Percaya pada Tuhan, Tuhan pasti akan memampukan kita. Banyak tokoh-tokoh Alkitab yang secara talenta maupun skill kurang cocok jadi nabi atau rasul, tapi karena tangan Tuhan turut bekerja, semua menjadi lebih mudah. Sesi ini ditutup dengan memberikan piagam pada narasumber.

Talkshow sesi 2 dimulai pukul 13.00 dan dibuka oleh Evan, Dimcil, dan Nia. Evan Septian membuka jasa wedding organization, yang sudah dimulai dari tahun 2014 dengan nama “JWP” yang dimiliki oleh tiga orang yang salah satunya itu adalah Evan. Nia & Dimcil membuka bisnis yang sama yaitu di perencanaan perjalanan. Nia spesifik untuk perjalanan ke Korea Selatan dan Dimcil membuka jasa perjalanan ke daerah Indonesia. Nia yang merupakan lulusan arsitek, membuka jasa backpacker korea yang sudah dimulai sejak awal tahun 2013, Dimcil yang membuka jasa travel agent untuk perjalanan ke seluruh daerah Indonesia dengan nama LiatIndonesia. Ketiga Orang Muda Katolik ini menceritakan hal yang mereka jalanin sekarang bukanlah hal yang mereka bayangkan sebelumnya. Jalan Tuhan memang tidak terduga. Mereka melihat adanya peluang dari hobi mereka dan mencobanya dijadikan usaha. Jasa bukanlah hal yang mudah untuk dirintis karena mereka meyakinkan kepuasan dan kepercayaan pelanggan yang terpenting untuk meningkatkan penjualan jasa. Dimcil, Nia, dan Evan yang mendapatkan support penuh dari temanteman OMK nya. Contohnya saja, Dimcil mendapatkan first customer dari teman gerejanya dan Evan mendapatkan timnya sebagian besar dari kepanitiaan dalam tim gereja.

Ditutup dengan pembicara Fernando Sonah, motivator untuk entrepreneur muda. poin yang dibawa adalah : Pertama harus mempunyai visi terlebih dahulu , jangan sampai membuka suatu usaha itu hanya karena sedang trend saja, tetapi tentukan dahulu apa yang mau dituju, kedua harus memulai suatu usaha jasa. produk dari sebuah masalah, dari sebuah masalah itu maka dibuatkan solusi, ketiga sebuah usaha dilandasi dengan kepercayaan kepada Tuhan. Sesi ini ditutup dengan memberikan piagam pada narasumber sesi 2, pembicara Fernando dan media partner acara kali ini, Katolikvidgram.

Acara ini dihadiri oleh 100 lebih peserta dan diharapkan dapat memberikan motivasi baru kepada mereka yang mendengarkan.

Tim Seminar OMK St. Yakobus

Photo : https://www.facebook.com/pg/omksantoyakobus/photos/?tab=album&album_id=2194494620576221

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × four =