S-Kesehatan Share Articles

BAKTI SOSIAL SEKSI KESEHATAN PAROKI KELAPA GADING

Seksi kesehatan bekerja sama dengan Puskesmas Kelapa Gading mengadakan bakti sosial pada tanggal 14 Juli 2017, dengan rincian acara sebagai berikut :
1. Seminar awam tentang kanker serviks dan pencegahannya sejak usia dini 9 tahun
2. Pemeriksaan gratis kanker serviks metode IVA/papsmear bagi umat katolik di Kelapa Gading
3. Pemeriksaan darah gratis HIV, HBsAg & Gula darah sewaktu
Acara dimulai pukul 08.00 dengan seminar dan dilanjutkan dengan pemeriksaan darah dan IVA pada pukul 10.00 sampai 14.00 dengan target peserta 50 orang.  Namun disebabkan oleh antusiasme umat, pemerikaaan dilanjutkan sampai alat reagen yang disediakan habis.
* Peserta pemeriksaan kanker serviks mencapai 31 orang
* Peserta pemeriksaan darah mencapai 123 orang
* Peserta seminar mencapai 80 orang
* Pemeriksaan kanker serviks pernah dilakukan sebelumnya pada bulan mei 2017, tapi dikarenakan banyaknya permintaan dari umat maka dilaksanakan untuk ke-2 kalinya pada bulan Juli ini.

Seminar Awam dengan tema :

“KANKER SERVIKS DAN PENCEGAHANNYA SEJAK USIA DINI”
1. Apakah itu kanker serviks?
Kanker serviks adalah penyakit yang menyerang kandungan wanita pada bagian serviks (gambar terlampir).
Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus HPV (Human Papilloma Virus). Virus HPV ini memiliki kurang lebih 150 tipe, diantaranya terdapat 4 tipe yang diketahui ganas. Tipe 16 & 18 menyebabkan >70% kanker serviks, sedangkan tipe 6 & 11 menyebabkan >90% penyakit kutil kelamin (genital warts)
2. Apakah kanker serviks sama dengan myoma atau kista?
BERBEDA (lokasi yang diserang berbeda, dapat dilihat di gambar)
Kanker serviks menyerang bagian serviks (mulut rahim) dan disebabkan oleh virus. Sedangkan myoma merupakan benjolan seperti daging tumbuh yang tumbuh di tubuh uterus (kandungan) dan tidak bersifat ganas. Kista menyerang ovarium (indung telur) dan berhubungan dengan hormon serta menstruasi.
3. Apakah kanker serviks bisa menular dari hewan?
TIDAK. Virus ini hanya menyerang manusia dan itu sebabnya disebut “HUMAN” PAPILLOMA VIRUS .
4. Apakah HPV dapat menyerang pria?
YA. HPV dapat menyerang siapa saja (pria maupun wanita). Virus HPV dapat menyerang organ2 seperti mulut, tenggorokan, kulit, serviks, penis serta anus dan dapat menyebabkan terjadinya kanker pada organ2 tersebut.
5. Bagaimana cara penularan HPV?
Secara umum, cara penularan virus HPV dapat melalui hubungan seksual, alat2, tangan, handuk, pakaian serta penularan ibu ke anak baru lahir
6. Bagaimana cara mencegah kanker serviks?
Kanker serviks dapat dicegah dengan vaksinasi. WHO menganjurkan anak perempuan mulai dari usia 9 tahun untuk vaksinasi kanker serviks sebab vaksinasi di usia muda membentuk antibodi yang sangat baik. Usia yang dianjurkan untuk melakukan vaksinasi adalah 9-55 tahun.
7. Apakah orang yang sudah divaksin tetap melakukan Papsmear?
YA, Papsmear tetap harus dilakukan rutin. Sebab dengan vaksinasi, bukan berarti seseorang tidak akan tertular HPV. Tetapi dengan vaksinasi, kita mencegah organ yang terkena virus HPV menjadi kanker.
Yang harus diingat adalah PAPSMEAR BUKAN MENCEGAH KANKER SERVIKS, NAMUN MENDETEKSI SECARA DINI KANKER SERVIKS.
8. Kapan wanita melakukan Papsmear?
Papsmear dilakukan pada wanita yang sudah melakukan hubungan seksual, dan sebaiknya diulang setiap tahun sekali.
Bagi wanita yang dalam pemeriksaan didapatkan HPV POSITIF, vaksinasi tetap dilakukan. Mengapa tetap diberikan adalah karena harus diingat bahwa virus HPV memiliki 150 tipe, sehingga diharapkan dengan dilakukan vaksinasi dapat terjadi imunisasi silang.
Kesimpulan :
Kanker serviks disebabkan oleh virus HPV dan dapat menyerang siapa saja . Wanita maupun pria tetapi dapat dicegah dengan vaksinasi . Dan vaksinasi aman diberikan sejak usia dini, yaitu 9 tahun dan tetap berguna walaupun diberikan pada usia 55 tahun .
Wiwik Awinawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + fifteen =