S-Lingkungan Hidup Share Articles

Rekoleksi Di ECOCAMP – BANDUNG JUNI 2017

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia,Sie LH Yakobus dan umat yang berjumlah 44 orang, mengadakan Rekoleksi di ECOCAMP – BANDUNG pada tanggal 3 dan 4 Juni 2017 dengan Tema “ MANUSIA BAGIAN DARI ALAM SEMESTA”. Makin adil dan beradab dengan menjaga kelestarian lingkungan.

Selama 2 hari kami meninggalkan kota Jakartayang biasanya penuh dengan polusi dan hiruk pikuk kebisingannya. Disana kami dapat mendengarkan suara alam, suara burung dan binatang2 lainnya, suara angin, suara daun, suara air, dll.

Acara disana sangat menyenangkan. Kita dapat bersatu dengan alam. Connecting People to Nature, itulah tema Hari Lingkungan  Hidup Sedunia 2017. Pertama datang kami disambut oleh KSATRIA SHAMBALA, sebutan untuk  Kakak2 Pembimbing Muda dari Ecocamp. Lalu acara2 selanjutnya ada : Forest Bathing,   Meditasi Alam Semesta dan Chikung oleh Bpk. Hartono, Tea Ceremony oleh Rm. Ferry dan Ibu Shierly, Membumi, Diskusi LH masalah sampah dan kompos, penanaman organik memakai mikroba, sosialisasi Program Pilihan Wilayah Peduli LH,  Makan malam Hening di Daun Pisang dan Malam Cahaya. Keesokan harinya lanjut dengan Explore Tebing Keraton mulai jam 5.00 pagi. Chikung sesi kedua, lalu dengan Rm. Ferry : Laudato Si. Kemudian  Misa dan diakhiri dengan Miling oleh Ibu Shierly.

Di Ecocamp semua kami kerjakan sendiri. Mulai dari memasang seprei pd waktu datang dan membereskannya kembali ketika hendak pulang, juga mencuci piring yang dibagi per kelompok setiap selesai makan. Kita harus bertanggung jawab atas sampah yang kita hasilkan.

Saat Bermakna di Ecocamp :

  • MEMBUMI : Menghadirkan kesadaran yang utuh dan memaknai setiap peristiwa
  • SAAT HENING : Menyempatkan diri untuk mendengarkan suara alam sekitar kita
  • MELAMBAT : Supaya bisa melihat segala sesuatu dengan seksama, tapi tetap FOKUS pada tujuan.

Hal lain yang sangat bermanfaat sekali dari Ecocamp adalah SHARING TUJUH KESADARAN BARU HIDUP EKOLOGIS :

  1. Manusia Berkualitas >>> Manusia yang memiliki kesadaran dalam seluruh perilakunya, bukan hanya sekedar trampil atau terlatih, apalagi sekedar trend saja.
  2. Sederhana >>> Tidak berlebihan dalam segala hal. Kita sudah memakai segalanya melebihi apa yang bumi sediakan. Bila semua orang tidak membatasi diri, maka bumi tidak akan cukup lagi.
  3. Hemat >>> Menggunakan seperlunya. Hemat karena peduli dan ingin berbagi kepada sesama, terutama yang lemah dan miskin.
  4. Peduli >>> Memperhatikan kebutuhan orang lain dan lingkungan sekitar kita.
  5. Semangat Berbagi >>> Menghayati bahwa apa yang dimiliki bukan hanya untuk diri sendiri. Ketika sudah saling berbagi, hidup akan lebih bermakna.
  6. Kebermaknaan >>> Pengalaman yang memberikan kepuasan bathin dan membahagiakan. Bahagia itu sederhana, tidak perlu kemewahan.
  7. Harapan >>> Hal yang mungkin dilakukan untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik dan kita ikut berperan didalamnya.

TERIMAKASIH IBU PERTIWI

 Salam Go Green,

Nila Sari

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − eight =