S-Kerasulan keluarga Share Articles

REKOLEKSI PENGURUS SKK TAHUN 2017

Setahun sekali pengurus SKK mengadakan rekoleksi bersama keluarga, tahun ini tepatnya tanggal 22 sampai 23 Juli 2017 rekoleksi diadakan di Puncak, dengan diawali berkunjung ke Istana Kepresidenan Cipanas.
Jumlah peserta sebanyak 38 orang, yang terdiri dari pengurus beserta anak-anak, berangkat dengan menggunakan bus pada pukul 06.00 pagi dan tiba di Istana Cipanas pukul 09.30 dan langsung disambut dari pengurus Istana, setelah mengurus surat-surat sebentar, rombongan dibawa ke bangunan utama Istana yang dipandu oleh seorang pemandu Istana, berkeliling di dalam Istana dan selanjutnya kebagian belakang Istana yang begitu indah pemandangannya. Selanjutnya rombongan dijamu dengan makan siang bersama dengan menu masakan yang disukai oleh presiden pertama Indonesia, presiden Soekarno dari Chef generasi ke 4.
Setelah makan siang dan beristirahat sejenak, rombongan menuju ke taman hutan yang ada dibelakang Istana sampai ke kandang kuda. Tak terasa hari sudah siang, rombongan segera menuju ke bus yang diparkir dihalaman depan Istana, sebelumnya rombongan mampir ke toko souvenir yang menjual beraneka asesoris dan barang-barang kenangan dari Istana.
Pukul 13.15 rombongan menuju ke hotel Palace yang tidak jauh dari Istana Cipanas ini, di hotel inilah kami mengadakan rekoleksi yang dibimbing oleh Romo Agustinus Sunarya, SVD.
Dalam rekoleksi ini, ada 3 sesi yang dibawakan oleh Romo Sunarya, dan 1 fun game dilapangan terbuka. Rekoleksi ini memberikan bekal pengetahuan untuk pengurus SKK dalam melaksanakan tugas pelayanan di Paroki.
Minggu siang pukul 11.00 diadakan misa dan selanjutnya makan siang bersama serta berkemas untuk persiapan pulang menuju Jakarta kembali. Perjalanan pulang pukul 13.15, mampir di Cimory Riverside untuk istirahat sebentar dan membeli oleh-oleh, tiba di Kelapa Gading pukul 18.30.

 

LAPORAN REKOLEKSI PENGURUS SKK

Tanggal   : 22 dan 23 Juli 2017

Tempat   : Hotel Palace, Cipanas

Tema      : AMALKAN PANCASILA : makin adil, makin beradab, dalam keluarga dan    pelayanan.

Rekoleksi dibimbing oleh romo Agustinus Sunarya Sumarta SVD

Rekoleksi dibagi atas 3 sesi dan 1 fun game yang dibimbing oleh Romo.

 

Sabtu, 22 Juli 2017

SESI 1: Memaknai tentang hidup berkeluarga

Keluarga Kristiani dipanggil untuk selalu memegang teguh komitmen sesuai Janji Perkawinan yang pernah diucapkannya. Dari sini timbul kesadaran akan perlunya pendamping keluarga-keluarga untuk selalu mengingatkan akan pentingnya komitmen tersebut diwujudkan dalam keluarga masing-masing. Keluarga adalah gereja kecil yang akan menjadi generasi penerus, karena itu perlu dimotivasi bagaimana harus bersikap adil dalam berbagi cinta kasih sesama anggota keluarga, juga kepada sesama. Saling membantu “Help each other ; love each other”. Bila kita mendapat bantuan / kebaikan / kasih dari keluarga/sesama kita, hendaknya kebaikan itu diteruskan kepada orang lain dan tidak berhenti pada diri kita sendiri saja, karena bila kita meneruskan kebaikan yang kita terima kepada orang lain, maka nantinya kebaikan / kasih itu akan kembali lagi kepada kita.

Sharing :

Hal-hal apa saja yang telah dilakukan bagi keluarga dan apa dampak positifnya?Adakah komitmen kita mulai luntur dan perlu ditingkatkan?

FUN  GAMES: Membangun team work yang solid.

Dibimbing oleh Romo. Team diajak ke lapangan untuk mengikuti permainan – permainan sbb :

  1. Main bola volley dimana bolanya dari balon yang diisi air.
  2. Memindahkan bola plastik dengan tali rafia yang dilakukan oleh team.
  3. Mengumpulkan bola plastik berwarna dengan mata tertutup sementara teman team lainnya membimbing dan mengarahkan.
  4. Mengisi pralon yang ber-lubang2 dengan air.

 

SESI 2

Sesi 2 diisi dengan evaluasi dan penjelasan dari tujuan permainan dalam games tadi sore.

Dalam permainan-permainan tersebut peserta diajak untuk saling bekerja sama dalam team, bagaimana kekompakan sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan games tersebut.

Maksudnya adalah bahwa dalam tugas-tugas pelayanan kita, bila dilaksanakan dengan bekerja sama dan kompak, maka segala kesulitan pasti dapat terselesaikan dengan baik.

 

Sesi malam ini juga dilanjutkan dengan sharing dan membicarakan Program Karya SKK yang akan dilaksanakan seperti MRT, keikut-sertaan dalam TST ( Training For Trainer) Kontak di KAJ, Jalan sehat keluarga, Misa HUP dll.

 

Minggu, 23 Juli 2017

SESI 3: Melayani dengan kasih.

Dalam sesi terakhir ini diperlihatkan beberapa film singkat, dimana intinya kita harus berbagi kasih kepada sesama ; kasih dari orang tua kepada anaknya; kasih anak kepada orang tua; kasih kepada saudara dan orang lain.

Dalam Program Karya yang dilaksanakan oleh SKK untuk melayani keluarga-keluarga di paroki, hendaknya didasari oleh kasih. Karena tanpa didasari oleh kasih maka pelayanan kita akan sia-sia dan tidak akan mencapai sasaran yang diharapkan.

Karena Tuhan telah memberikan kasih kepada kita maka kita pun wajib untuk membagikan kasih Tuhan kepada sesama dalam pelayanan kita.

Diperlihatkan pula video dimana kita harus setia kepada Tuhan; karena bila kita setia kepada-Nya maka walaupun cobaan- cobaan datang silih berganti , pada akhirnya Tuhan pasti akan menolong kita.

Demikian pula bila menghadapi cobaan – cobaan dalam pelayanan kita, hendaknya kita tetap setia karena Tuhan pasti akan menolong kita.

Rekoleksi ditutup dengan Misa.

Kesimpulan:

  • Sebelum mulai melayani keluarga lain, perlu memaknai dan mengamalkan dulu komitmen hidup berkeluarga.
  • Selalu merenungkan “Janji Perkawinan” dalam keluarga sendiri.
  • Berusaha mewujudkan harapan2 gereja bagi keluarga Katolik dengan pelayanan kasih.

K.Aspin, Indra M

BERIKUT FOTO LIPUTANNYA :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × two =