October 12, 2017 Renungan Harian ImT-Admin Share Articles
Kamis,12 Oktober 2017

Mal.3:13 – 4:2a

Luk.11:5-13

 Firman Tuhan berkata, bicaramu kurang-ajar tentang Aku.

Nubuat keenam dalam kitab Maleakhi menulis tentang sikap umat yang tidak pantas kepada Tuhan. Berhati-hatilah menjaga perkataan dan perilaku kita terhadap Tuhan. Sebab Tuhan memperhatikan dan mendengar;

sebuah kitab peringatan ditulis dihadapan-Nya bagi orang-orang yang takut akan Tuhan dan bagi orang-orang yang menghormati nama-Nya.

Orang-orang yang takut akan Tuhan, yang menghormati Tuhan akan menjadi anak-anak kesayangan-Nya.

Dalam Injil, diceritakan Yesus sebuah perumpamaan, gambaran situasi sebuah kampung di Palestina zaman dulu. Tamu seorang warga kampung akan disambut sebagai tamu seluruh kampung. Jika seorang tamu tidak diterima / diperlakukan dengan baik, maka akan mempermalukan seluruh kampung.

Ketika pada tengah malam seorang sahabat datang meminjam roti untuk sahabatnya yang datang bertamu. Maka yang punya rumah, sebagai sahabat tentunya akan memberikan pinjaman roti kepadanya yang datang tengah malam seperti orang yang tidak tahu malu. Mungkin juga sambil setengah maksa dan memelas agar permintaannya dikabulkan.

Kemudian Yesus berkata: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu…..  Bapa manakah diantara kamu jika anaknya minta ikan, diberikan ular. Jika minta telur diberikan kalajengking….?  Seorang Bapa di dunia pun tidak akan melakukan hal itu.

 Apalagi BAPA kita di sorga. Janji-Nya, IA akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya.

 Sebagai anak bungsu, aku pernah mengalami bagaimana rasanya menjadi anak kesayangan. Hampir semua yang baik yang aku minta pasti diberikan. Tapi ada juga sisi yang menurut ku gak enak, banyak rambu-rambu aturan yang seringkali diberlakukan kepada anak kesayangan. Setelah aku dewasa baru kusadari nyatanya rambu-rambu itu dibuat untuk kebaikanku.

Sama seperti Tuhan menulis kitab peringatan bagi anak-anak kesayangan-Nya.

Dan Yesus mengajarkan mintalah, maka akan diberikan Bapa kepadamu.

Yang diberikan pasti yang baik, janji-Nya, Bapa akan memberikan Roh kudus, Roh Penghibur yang akan menyertai anak-anak kesayangan-Nya sampai akhir zaman.

Alice Budiana – Team KKS