October 9, 2017 Renungan Harian ImT-Admin Share Articles
Senin, 9 Oktober 2017

Yun.1:1-17;2:10

Luk.10:25-37

 Bacaan pertama menulis tentang panggilan nabi Yunus bin Amitai.

Tuhan mengutusnya pergi ke Niniwe untuk mewartakan sabda Tuhan kepada orang-orang yang berbuat kejahatan. Tetapi Yunus melarikan diri ke Tarsis, menjauh dari Tuhan. Ia lari dari tugas mewartakan sabda Tuhan kepada orang-orang Niniwe karena ia membenci ibu kota Asyur yaitu Niniwe. Kota yang dibenci oleh orang-orang Israel karena mereka pernah dikalahkan oleh orang-orang Asyur.

Kemudian Tuhan mengejar Yunus dan membawanya kembali secara paksa dengan menurunkan angin ribut, badai besar yang hampir menghancurkan kapal besar itu. Pada akhirnya Yunus menyadari penyebab semua itu adalah dirinya yang melawan kehendak Tuhan.

Lewat cerita ini kita melihat bahwa nyatanya Allah juga mengasihi orang-orang jahat yang menolak-Nya. Allah Pencipta yang maha kuasa tetap mau menyelamatkan mereka dengan mengutus seorang nabi untuk memberitakan pertobatan.

Kita pun bisa dipanggil dan diutus Tuhan untuk mewartakan pertobatan. Namun dengan berbagai alasan, kita pun sering menolak panggilan Tuhan.

Coba diinga-inga….. berapa kali aku lari dari perutusan Tuhan…

Meskipun kita sadar, tahu bahwa sabda Tuhan harus diwartakan agar semakin banyak orang dapat diselamatkan, untuk memperoleh hidup yang kekal.

Apa ya syaratnya agar kita memperoleh hidup yang kekal???

Jawaban Yesus, apa yang tertulis dalam hukum Taurat yaitu “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hati dan dengan segenap jiwamu, dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu. Dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri”

 Lagi-lagi Yesus memberi perumpamaan, Orang Samaria yang murah hati.  Yesus mengajarkan agar kita senantiasa berbelas kasih kepada sesama yang menderita, sesama yang membutuhkan pertolongan kita.

Paket lengkap yang harus kita jalani agar beroleh hidup kekal adalah

1.Mengasihi Tuhan dengan menjawab panggilan & melaksanakan tugas  perutusan-Nya

2.Mengasihi sesama yang membutuhkan pertolongan kita

 Alice Budiana – Team KKS